Gerakan Bersih Mata Air


Balocci, Pangkep - Komunitas Pajokka Balocci melakukan kegiatan aksi gerakan bersih mata air di 2 lokasi yang berbeda yaitu mata air timpuseng dan mata air senggerang. Sumber mata air ini adalah sumber air masyarakat balocci untuk dipakai kebutuhan sehari-hari seperti air minum dan kebutuhan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24 Maret 2018 untuk memperingati hari air sedunia dan kegiatan ini didukung oleh dinas lingkungan hidup kab.Pangkep, dinas pariwisata dan kebudayaan kab.Pangkep, pemerintah kecamatan Balocci dan world cleanup day kab.Pangkep.

Menurut Inul, Ketua Pajokka Balocci, " kegiatan ini bertujuan untuk menumbukan rasa kepedulian pemuda akan pentingya menjaga kebersihan lingkungan terutamanya air karena merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup, pada kegiatan ini kami berfokus pada sampah plastik yang ada di sekitaran lokasi mata air. Kegiatan ini berhasil mengangkut sampah plastik seberat 25 kg, dalam hal ini perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya sampah."

Mata Air Senggerang
 "kami melihat masih banyak masyarakat yang membuang atau meninggalkan sampahnya disekitaran lokasi sumber mata air ini padahal air ini dikonsumsi oleh masyakarat sendiri sehingga perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya agar terhindar dari penyakit yang membahayakan atau mematikan. Insya Allah, kami di komunitas akan mengadakan bank sampah masyarakat untuk membantu dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sampah, tuturnya."

Mata Air Timpuseng
Menurut Fitri, Srikandi Pajokka Balocci, " Gerakan bersih mata air ini untuk membantu pemerintah menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, jadi kami sebagai pemuda-pemudi harus mengambil peran kalau perlu sebagai pelopor hidup bersih dan sehat ditengah-tengah masyarakat. anak muda harus mengambil peran dalam banyak aksi dimasa ini karena merupakan ujung tombak dari kemajuan bangsa ini.

kegiatan gerakan bersih mata air ini ditutup dengan mandi dan berenang bersama di sungai batange dan makan bersama dipinggir sungai sebagai bentuk persaudaraan dan silatuhrahmi yang lebih kuat Pajokka Balocci dan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar