Balocci Siap Menjadi Daerah Pariwisata

Burung Alo' atau Burung Rangkong Sulawesi
Pangkep - Kecamatan Balocci merupakan salah satu daerah daratan yang berada di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Provinsi Sulawesi Selatan, berjarak sekitar 61 KM dari kota Makassar. Kecamatan Balocci memiliki banyak destinasi potensi wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya serta kearifan lokal masyarakat setempat. Luas daerah mencapai 143,48 Km2. Dahulu daerah ini merupakan tempat asal para pemberani (To Barani) yang mempunyai kebiasaan minum arak atau bahasa daerahnya anginung ballo, karena ditempat ini dulunya banyak pohon areng yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuat gula merah karena pada waktu dulu tidak disebut seseorang pemberani kalau belum melakukan kebiasaan ini. Asal muasal penamaan Balocci yaitu dari kata Ballo dan Kecci atau Ballo Keci karena pada masa itu ballo keci terkenal di Balocci.

Puncak Gunung Bulusaraung 1343 MDPL
Tonasa Park
Destinasi potensi wisata yang terdata di pemerintah kecamatan berjumlah 22 objek potensi wisata yang terdapat di Balocci, ini merupakan potensi yang dapat membangun perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata. Sebelum kita memasuki kecamatan Balocci, kita sudah disuguhi pemandangan karst yang terbentang dari kabupaten Maros hingga kabupaten Pangkep. Ketika kita memasuki kelurahan Kassi maka kita bisa mengunjungi salah satu objek wisata air terjun galaggara yang berjarak sekitar 8 Km dari jalan poros kecamatan Balocci, kemudian memasuki wilayah kelurahan Tonasa maka ada wisata Tonasa Park dengan pemandangan bukit karstnya dan danau hijau, lanjut memasuki kelurahan Balocci baru, kita dapat menemuka objek wisata taman prasejarah Sumpang bita dan air terjun baruttung yang berada di pinggir jalan poros Balocci kemudian di kelurahan ini pula terdapat padang rumput yang luas, warga setempat menyebutnya padangloang dan ada pula air terjun bonti yang terdapat di dusun Bonti.

Sumpang Bita
Air Terjun Baruttung Balocci Baru
Memasuki kelurahan Balleangin, disini dapat kita jumpai air terjun yang bertingkat, ada beberapa air terjun terdapat di kelurahan ini yaitu air terjun selomattie, air terjun cambangcui, air terjun suangga, air terjun baruttung kajubittie, dan air terjun kembar. Di kawasan air terjun ini pun dapat kita jumpai burung Alo atau dikenal dengan Burung Rangkong Sulawesi dan monyet hitam sulawesi karena kelurahan Balleangin termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Selain pesona air terjunnya di kelurahan ini pula terdapat beberapa goa atau leang adapula sawah berundak atau disebut  galung mattonroe seperti di Bali kemudian memiliki juga bukit teletubies yaitu di padang musa dan taman batu di bonto-bonto. Kemudian kita lanjut ke desa Tompobulu, disini kita dapat menikmati pesona Gunung Bulusaraung serta air terjunnya, keramahan penduduk sekitar begitu terasa saat kita sampai di desa ini. Salah satu produk yang bisa kita bawa pulang sebagai ole-ole di rumah adalah kopi khas tompobulu yang begitu harum dan nikmat.

Air Terjun Suangga
Air Terjun Cambangcui
Dikecamatan Balocci pernah berdiri sebuah kerajaan yang diperintah oleh Karaeng Balocci, jejak peninggalan Kerajaan Karaeng Balocci masih bisa kita temui yaitu makam beliau yang terdapat di Jera Lompoa dan menurut warga sekitar kita bisa juga menemukan batu besar tempat beliau memimpin pasukan yang berada di desa Tompobulu. Kemudian salah satu budaya yang bisa kita temui disini ketika ada hajatan/pernikahan yaitu Mappano ri salo' merupakan ciri khas masyarakat Balocci ketika melaksanakan pernikahan.

Monyet Hitam Sulawesi
Inilah beberapa destinasi potensi wisata yang dapat kita jumpai di kecamatan Balocci, jika ingin berkunjung ke destinasi wisata maka wajib kita menjaga kebersihan dan kelestarian wisata tersebut agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita nantinya.

Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke destinasi potensi wisata ini , silahkan datang langsung ke basecamp atau sekretariat kami di :

Jalan Bulusaraung Kampung Dujie Kelurahan Balleangin Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan atau hubungi Putra 0812-3123-6683 / Amal 0813-4244-5416

Tidak ada komentar:

Posting Komentar